Tagana Indonesia

Sigap Tanggap Terdepan

More About Me...

TAGANA pada hakekatnya adalah wadah berhimpun seluruh kekuatan komponen penanggulangan bencana berbasis masyarakat khususnya dari unsur generasi muda. Kata-kata Taruna memiliki arti generasi muda, dan Kata Siaga memiliki arti segala upaya kesiapsiagaan dalam kondisi apa pun dan kata Bencana adalah tantangan dan masalah yang harus diselesaikan.

Another Tit-Bit...

Tujuan utama pemerintah untuk menyatukan visi, misi dan tindakan dalam penanggulangan bencana dengan menyatukan pada satu Korps yaitu Korps Penanggulangan Bencana Indonesia dengan nama Taruna Siaga Bencana atau TAGANA.

Sejumlah Daerah di Tanah Air Banjir

Hujan lebat yang terus turun mengakibatkan daerah Kuranji, Padang, Sumatra Barat, Jumat (14/12) pagi, banjir. Puluhan rumah warga terendam air setinggi setengah meter. Ini mengakibatkan aktivitas warga yang hendak keluar rumah terganggu. Selain permukiman, banjir juga merendam sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar diliburkan.

Di Bandung Selatan, Jawa Barat, empat desa terendam akibat luapan Sungai Citarum. Di antaranya Desa Parunghalang, Bojong Asih, Babakan Ciputan, dan Andir di Kecamatan Dayeuhkolot. Ketinggian air bervariasi mulai dari 40 sentimeter hingga semeter. Dan desa yang terparah letaknya di pinggir Sungai Citarum. Saat ini, banyak warga yang mengungsi ke rumah kerabat atau tempat penampungan sementara.

Sementara hujan deras yang mengguyur Serang, Banten, mengakibatkan sejumlah ruas jalan utama tergenang hingga setinggi 40 sentimeter. Genangan air kerap terjadi akibat minimnya saluran air yang dampaknya mengganggu aktivitas masyarakat. Selain menimbulkan kemacetan, genangan air juga menjadi pemicu mogoknya kendaraan.

Hujan yang turun secara terus menerus juga merendam puluhan rumah dan hektare tanaman jagung di Soppeng, Sulawesi Selatan. Banjir juga menggenangi jalan raya sehingga transportasi terhambat. Selain dikarenakan curah hujan yang tinggi, banjir diduga juga terjadi akibat kerusakan hutan sehingga air tidak bisa diserap maksimal.

0 komentar:

Poskan Komentar