Tagana Indonesia

Sigap Tanggap Terdepan

More About Me...

TAGANA pada hakekatnya adalah wadah berhimpun seluruh kekuatan komponen penanggulangan bencana berbasis masyarakat khususnya dari unsur generasi muda. Kata-kata Taruna memiliki arti generasi muda, dan Kata Siaga memiliki arti segala upaya kesiapsiagaan dalam kondisi apa pun dan kata Bencana adalah tantangan dan masalah yang harus diselesaikan.

Another Tit-Bit...

Tujuan utama pemerintah untuk menyatukan visi, misi dan tindakan dalam penanggulangan bencana dengan menyatukan pada satu Korps yaitu Korps Penanggulangan Bencana Indonesia dengan nama Taruna Siaga Bencana atau TAGANA.

Kapal Tongkang Bosowo Tabrak Tanker

Satu kapal tongkang menabrak satu kapal tanker di Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (9/3). Insiden ini bermula saat kapal tongkang mogok dan ditarik oleh satu tug boat. Tetapi menjelang bersandar, cuaca buruk dan derasnya arus laut mengakibatkan kapal tongkang menabrak kapal tanker milik Pertamina.

Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Tapi akibat bertabrakan dengan kapal tanker, posisi kapal tongkang nyaris tenggelam. Derasnya arus di Selat Bali dan muatan tongkang yang berisi 70 ribu ton semen semakin menyulitkan proses evakuasi. Padahal, pihak pelabuhan setempat sudah mengerahkan tiga kapal tub boat.

Sementara itu, saat insiden tabrakan terjadi tanker milik Pertamina dalam keadaan kosong. Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Pertamina dan Syahbandar Tanjung Wangi Banyuwangi terkait insiden ini

Update :
Kapal tongkang yang menabrak tanker milik Pertamina belum dievakuasi hingga Senin (10/3) siang, karena terbatasnya peralatan. Tongkang yang nyaris tenggelam itu masih berada di Dermaga Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur, atau sekitar 100 meter dari bibir pantai. Pihak Syahbandar Pelabuhan Tanjung Wangi tengah menyelidiki penyebab pasti tabrakan tersebut. Kapal tongkang bermuatan semen Bosowa menabrak tanker Pertamina saat hendak bersandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, semalam. Diduga, tongkang tak mampu menahan derasnya arus karena cuaca buruk. Beruntung, tanker dalam keadaan kosong sehingga tidak terjadi ledakan. Namun, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah dlaam musibah itu .

Sumber : Liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar